Minggu, 05 April 2015

DAIHATSU TERIOS VS NISSAN GRAND LIVINA X-GEAR



Kini small SUV 7-seater yang akan dikomparasikan. Terios vs Grand Livina X-Gear. Walaupun Grand Livina X-Gear lebih diposisikan Nissan sebagai MPV dibanding SUV, tidak seperti Terios yang disebut SUV oleh Daihatsu, namun dari segi kapasitas mesin, kapasitas penumpang dan harga GL X-Gear dan Terios dinilai cocok. Siapakah yang akan menang saat disandingkan? Simak terus duel ini.

NISSAN GRAND LIVINA 1.5 X-GEAR CVT



Gagah, praktis, muat 7 penumpang. Itulah Grand Livina X-Gear yang baru digelontorkan Nissan. Kini tampilannya semakin macho dengan pelek 16 inci. Sama dengan Terios yang sudah mengadopsi pelek 16 inci. Oh ya, kehadiran Grand Livina X-Gear di Indonesia adalah world premiere alias debut.


Tidak banyak jejak Livina X-Gear lama di buritan. Paling persamaannya hanya penempatan plat nomor di bumper. Pertama kali melihat tampilan belakang All New Livina terasa konyol. Namun bila diparkirkan dii sebelah GL lama akan sangat terasa kalau penyegaran yang dilakukan cukup ampuh. Lampu horizontal khas Eropa itu cukup unik dan eye-catching di jalan. Oh ya, Klaim Nissan GL baru lebih irit 13 persen dibanding pendahulunya.


Ups, penulis belum mendapat foto yang layak untuk Grand Livina X-Gear 1.5. Yang diatas adalah foto interior varian 1.8. Bedanya ada pada wooden panel, head unit dan beberapa detail kecil. Setirnya berdesain identik dengan milik All New Serena. Lebih modern dan membulat. Selain itu tidak banyak perubahan dari Grand Livina lawas.

Sistem AC masih sama, tidak ada lubang AC di atap seperti Terios yang menjamin penumpang baris ketiga adem. Sistem AC dibelakang mengandalkan lubang AC yang ada di konsol tengah. Namun embusan yang cukup kencang membuat dingin merata di setiap baris. Itu juga didukung bentuk atap yang melengkung. Lagipula, seberapa sering bangku baris ketiga terisi?



Mesin berteknologi baru mengisi tempat dibawah kap mesin Grand Livina. 1.498 cc 114 dk dual injector yang dipasangkan dengan transmisi CVT seperti Juke performanya tidak jauh beda dari mesin 1.8 yang dinilai minim tenaga.

POIN UTAMA
Desain segar
Tampilan GL lebih segar karena belum lama mengalami facelift. Selain itu memiliki mobil yang belum lama diluncurkan lebih memberi kebanggaan bagi pemiliknya dibanding membeli Terios yang difacelift tiga tahun lalu.

Transmisi CVT
Transmisi matik Continuously Variable Transmission (CVT) telah diadopsi GL baru sehingga transmisi bekerja lebih halus. Namun konsekuensinya biaya oli transmisi melambung akibat mahalnya oli CVT.

Handling
Hukum fisika menguntungkan Grand Livina yang berbodi landai sehingga lebih stabil saat menikung dibandingkan Terios yang limbung.

DAIHATSU TERIOS TX A/T ADVENTURE


Pelopor small SUV ini soal ketangguhan jelas lebih tangguh dibanding X-Gear yang sejatinya adalah MPV dengan penghias khas SUV. Desain Terios memang sudah tidak segar, namun buktinya Terios tetap eksis di pasar otomotif Indonesia dan dapat terjual ribuan unit per bulan. Dengan paket Adventure, Terios tampil makin gagah dengan bumper guard, overfender, foot step dan lain-lain.


Body kit yang gagah membedakannya dengan Terios TS dan TX yang bumpernya terlihat lebih polos. Ban serep berdiameter 16 inci masih melekat di pintu belakang Terios yang dibuka ke samping. Padahal kompetitornya tidak menggantung ban cadangan mereka di pintu bagasi.


Dasbornya berdesain mengotak berwarna beige. Tempat duduk baik bagian depan maupun baris kedua lumayan lega. Head room lebih baik dari Grand Livina, namun jenisnya sebagai SUV asli membuat kenyamanannya tidak sebaik Grand Livina. Eh, ada penampakan X-Gear diujung sana.




Mesin yang digunakan mirip dengan Avanza Veloz, Daihatsu Gran Max 1.5 dan Luxio. Namun output tenaga yang dihasilkan berbeda-beda. Terios 109 dk, Veloz 104 dk, Gran Max dan Luxio 97 dk. Mesin ini dapat mendapat konsumsi BBM hingga 13,8 km/l di jalan tol dan 11,3 km/l pada rute kombinasi.

POIN UTAMA
SUV sejati
Livina menjelma menjadi tiga spesies yang berbeda, hatchback (Livina XR), MPV (Grand Livina) dan SUV 7-seater (GL X-Gear). Terios hanya diciptakan sebagai SUV, apalagi ban serep yang digantung di pintu bagasi menegaskan titel SUV sejati.

Aksesori
Terios dengan paket Adventure dibekali seabrek pernak-pernik demi mempercantik penampilannya. Seperti over fender, spoiler atap, roof rail, side moulding, bumper guard hingga foot step.

Ground clearance tinggi
Terios kembali menegaskan kemampuan jelajahnya lewat ground clearance 200 mm alias 20 cm. Dibanding Grand Livina X-Gear yang hanya 185 mm, Terios lebih memberi ketenangan saat lewat polisi tidur dan lebih mudah melibas trek off-road ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar